Media Sosial sebagai Alat Promosi bagi Seorang Entrepreneur
Seiring dengan
berkembangnya zaman, teknologi pun semakin berkembang salah satunya adalah
berkembangnya media sosial. Saat ini media sosial telah menjadi kebutuhan
primer hampir diseluruh kalangan usia mulai dari anak-anak, remaja, hingga
dewasa. Melalui media sosial seseorang dapat menjangkau seluruh dunia.
Seseorang dapat mudah berbagi, berpartisipasi, berkarya, dan mencari informasi
yang lebih luas, bahkan saat ini media sosial dipakai media paling penting bagi
seorang entrepreneur dalam berbisnis dengan cara promosi.
Saat ini berbisnis tidak harus menggunakan cara konvensional atau bertatap muka secara langsung karena saat ini pangsa pasar tidak selalu dapat memenuhi target produsen diakibatkan kurangnya konsumen dalam wilayah tersebut sehingga seorang entrepreneur harus melihat keadaan dan peluang mengenai target pasar tersebut, salah satu caranya adalah berbisnis melalui media sosial.
Dengan media sosial yang banyak, maka peluang berbisnis semakin besar karena target konsumen semakin banyak. Contoh media sosial yang saat ini terkenal dan banyak dipakai oleh berbagai kalangan adalah Instagram. Hampir sebagian besar orang pasti mempunyai media sosial ini karena media ini merupakan tempat untuk berbagi gambar dan keseharian seseorang maka dari itu pengguna media sosial ini juga sangat banyak. Melalui keadaan ini seorang entrepreneur dapat memanfaatkan media ini sebagai alat untuk mempromosikan bisnisnya. Contoh dari penggunaan media sosial ini sebagai alat promosi yaitu para wirausahawan membayar pengguna instagram yang memiliki banyak followers untuk mempromosikan produk mereka. Cara ini cukup ampuh untuk menambah konsumen bagi para wirausahawan. Tetapi, pada akhir ini media sosial yang digunakan oleh para wirausahawan untuk melakukan promosi cenderung merugikan konsumen karena ada beberapa pengguna sosial media yang menipu melalui penjualan produk di sosial media tersebut dan membuat beberpa konsumen mulai tidak percaya lagi untuk berbelanja online.
Jadi kesimpulannya adalah media sosial mampu meenambah konsumen dengan cepat tetapi tetap dibutuhkan kreatifitas dan ketekunan dalam promosi melalu media sosial ini. Konten menarik bagi followers akan membuat mereka tertarik untuk terus berbelanja pada akun media sosial tersebut contohnya seperti diadakan lomba dan mendapatkan hadiah berupa produk dari usaha tersebut. Kejujuran dalam berwirausaha sangat penting dalam persaingan bisnis di sosial media agar wirausahawan tersebut dapat mempertahankan kepercayaan konsumen untuk membeli produk mereka.
Komentar
Posting Komentar